Senin, 30 Mei 2011

Posted by Alex Brian On 17.29 0 komentar



Di dunia internet sangat banyak ditemukan berbagai informasi,baik melalui website Ilmu Pengetahuan maupun dari teman-teman dunia maya.
Namun,sayangnya banyak orang yang tidak tahu bagaimana caranya berinternet yang tidak melanggar privacy orang,terutama di salah satu situs pertemanan yaitu Facebook.

Privacy artinya Suatu hal yang bersifat pribadi,atau hal tersendiri yang tidak boleh atau tidak bisa dicampur tangani oleh orang lain selama tidak memiliki izin apapun.

Dari tahun ke tahun terdapat banyak sekali pelanggaran Privacy ,ya salah satunya yaitu dengan melihat informasi pribadi tanpa izin dengan pemilik akunnya yang biasa dilakukan dengan teknik sniffing maupun hacking,dll.

Pada saat ini telah banyak ditemukan website atau situs web yang memiliki batasan privacy termasuk juga di Facebook,saat ini facebook juga menawarkan layanan batasan privacy bagi penggunanya,salah satu cara kerjanya yaitu user/pengguna dapat menentukan siapa yang dapat melihat isi profilnya dalam akun tersebut. Walaupun demikian,banyak pula penjahat internet yang ingin mengetahui profil seseorang dengan cara yang tidak halal,salah satu contohnya yaitu dengan teknik hacking.Teknik hacking yang dimaksud ialah cara para penjahat Internet yang berusaha membaca informasi pengguna dengan memanfaatkan teknik mengintip,mencuri,dan membaca.Untuk terperinci saya tidak bisa jelaskan,karena saya tidak tahu,wong saya bukan hacker. Hehehe

Privacy itu sangat penting untuk dijaga,karena privacy itu adalah hal yang sangat pribadi. Apakah tidak bahaya jika informasi pribadi anda dapat diketahui oleh orang lain dan orang tersebut memberitahukan informasi anda kepada orang lain? Tentu sangat berbahaya. Banyak kasus yang terjadi di facebook,contohnya : mencuri password dan mengubah status bahkan menjelek-jelekkan diri orang lain. Kejadian tersebut sangat banyak di temukan,termasuk di indonesia.

Saya punya sedikit Tips dan Tricks cara menjaga Privacy anda pada Facebook:

-Jaga Informasi Login Anda.
Maksudnya,informasi login yaitu informasi berupa email dan password untuk mengakases akun anda. Dengan menjaga informasi login anda,maka privacy anda dapat anda kontrol dengan sendirinya tanpa ada yang mengetahuinya. Gunakan selalu password yang aman,jangan memberitahukan kepada siapapun termasuk saudara anda sendiri.

-Tentukan Siapa yang pantas Mengakses Privacy Anda.
Yang termasuk privacy dalam facebook yaitu Informasi Login,Pesan Status dan Profil. Di facebook,anda dapat mengatur siapa yang berhak melihat dan membaca status dan profil anda.

-Jangan Mudah Percaya dengan Siapapun.
Sebaguian banyak pelanggaran privacy di facebook dilakukan oleh teman korban sendiri. Pengguna biasanya mempercayakan temannya untuk menjaga privacynya namun tanpa diketahui orang tersebut dapat memanfaatkan akun anda denga tindakan kriminal, seperti menjelek-jelekkan orang,memarahi orang lain,mengancam,dll.

-Berhati-hati dengan Penipu.
Selain di dunia nyata,di dunia maya pun juga terdapat banyak tindak penipuan. Di Facebook,para penipu biasanya menipu korban dengan menjanjikan berbagai hal,misalnya uang tunai,chips poker,hadiah dari undian,dll dengan persyaratan memberikan informasi login pengguna. Bukannya keuntungan yang didapatkan,justru korban mendapatkan banyak kerugian.

-Berhati-hati Dalam Menulis Status.
Status pada Facebook seharusnya digunakan untuk menuliskan atau menceritakan apa yang sedang anda lakukan pada saat itu,namun banyak pula yang menggunakannya tanpa memikirkan orang lain,seperti menghina orang dan juga memberitahukan kepada publik rahasia orang.


tips dan tricks bagaimana cara menjaga atau menghargai privacy orang di Facebook antara lain :

-Jangan Buka Akun Pengguna Lain.
Anda termasuk melanggar ketentuan privacy jika anda melakukan hal ini. Akun / Account hanya dapat anda buka jika memiliki izin dari pemilik akun tsb.

-Anggap Anda dan Dia Mempunyai Satu Rasa.
Bagaimanakah perasaan anda jika anda dihina melalui akun orang lain? Pasti sangat marah,dan anda yakin bahwa orang tsb juga memiliki rasa marah yang sama dengan anda jika orang tsb mengalaminya.

-Rahasianya adalah Rahasia Anda
Hargailah teman anda,jangan membongkar rahasia yang teman anda ceritakan kepada anda. Jagalah kepercayaan yang diberikan kepada anda,jadikan sebuah rahasia besar itu menjadi satu bukti bahwa anda dapat menjadi sahabat yang dapat menjaga rahasia.

0 komentar:

Posting Komentar